DAFTAR ISTILAH DI DUNIA PERTANIAN MAYA
>> Akses : Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau disk drive.
>> Back-up : Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.
>> Backbone : Jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di dalam sistem jaringan komputer.
>> Backbone Network : Sistem sambungan utama dari jaringan terdistribusi dengan struktur hirarki.
>> Boot : Kegiatan menghidupkan komputer dengan bootstraploader.
>> Browse : Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk.
>> Bug : Kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik.
>> Build : Perintah dalam bahasa pemrograman untuk menjalankan kembali program yang dibuat dari awal.
>> Built-in : Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.
>> Built-in Procedure : Prosedur yang disediakan untuk pernyataan sederhana yang dibuat dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi.
>> Call : Perintah untuk mengerjakan sebuah prosedur atau subrutin dimanapun perintah ini diletakkan, mengambil beberapa kondisi masukan yang dibutuhkan dan memberikan hasil, kemudian kembali ke program pemanggil.
>> Custom : Pengubahan konfigurasi dari suatu instalasi dengan dialog box dan memberikan kesempatan kepada kita untuk memilih.
>> Customize : Pengaturan ulang yang dilakukan oleh pengguna pada software yang bersangkutan
>> Debugging : Proses pencarian dan pembetulan kesalahan penulisan program, sehingga program tersebut dapat kembali dijalankan seperti yang diharapkan.
>> Default : Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.
>> Download : Mengambil file atau mentransfer file dari satu computer ke komputer lainnya.
>> Program embeded : Program yang ditanam (embedded) pada hardware
>> End Users : Sebutan bagi orang yang hanya mengoperasikan suatu alat atau program yang dibuat oleh pihak lain.
>> Ergonomis : Penelitian postur manusia dan proposisinya dengan tujuan untuk menciptakan perabot atau perangkat komputer yang dapat digunakan dengan nyaman dan tanpa ketegangan.
>> Error : Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.
>> Execute : Instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.
>> Fitur : Dari Feature, fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat.
>> Hardware : Perangkat keras
>> Host : Istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah computer yang memungkinkan penggunanya terhubung ke Internet.
>> Interface : Tampilan dari sebuah program
>> Konfigurasi : Metode penyusunan sistem atau bagian dari system berdasarkan sejumlah kemungkinan.
>> Layer : Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.
>> Library : pustaka
>> Log : Catatan yang merekam segala aktifitas suatu aplikasi dijalankan. terkadang Log juga digunakan untuk menganalisis status suatu aplikasi.
>> Paket aplikasi : Sekumpulan program aplikasi untuk aplikasi tertentu
>> Pengkodean : Proses pembuatan/ menulis kode program dengan bahasa tertentu
>> Pengujian Proses : pemeriksaan sistem (program/data/perangkat keras) untuk meyakinkan apakah sistem sudah sesuai dengan kondisi yang dipersyaratkan.
>> Peripheral : Peralatan pelengkap yaitu setiap piranti fisik yang terhubungkan ke komputer
>> Program : Sekumpulan instruksi yang dapat dieksekusi dengan mesin komputer
>> Programer : Pemrogram, orang yang membuat program
>> Program aplikasi : Program untuk aplikasi tertentu
>> Property : Ciri dari suatu objek. Pada banyak bahasa pemrograman istilah property digunakan untuk menjelaskan atribut yang berkaitan dengan suatu struktur data.
>> Protokol : Suatu kesepakatan mengenai bagaimana komunikasi akan dilakukan (Tanenbaum, 1992).
>> Query : Suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.
>> RCMS : Regional Model Competency Standard
>> Recovery : Penemuan kembali. >> Setting : Suatu program yang menyusun sebuah sistem atau sebuah aplikasi software
>> Software : Program yang disertai dengan data dan dokumen pendukungnya
>> Software aplikasi : Software yang digunakan untuk aplikasi/ keperluan tertentu. Software aplikasi lebih didefinisikan untuk software yang dibuat untuk keperluan yang spesifik
>> Spesifikasi : Kebutuhan yang harus dimiliki
>> Stakeholders : Instansi terkait
>> Utilitas : Rutin atau program pelengkap yang dirancang untuk melaksanakan operasi tertentu, biasanya untuk memodifikasi lingkungan sistem atau melaksanakan tugas pemeliharaan sistem
>> Wizard : Sebuah fungsi pada software termasuk office yang memungkinkan untuk merancang sebuah dokumen secara mudah, langkah demi langkah.
Sekian dulu nanti disambung lagi dengan bahasan yang lain. Semoga bermanfaat.